Ukuran Lapangan Futsal Dalam Berbagai Standar

Dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai standar ukuran lapangan futsal, ada standar lokal (nasional) dan juga internasional.

Walaupun olahraga futsal bisa dikatakan sebagai olahraga yang cukup kasual, dalam arti sering dimainkan tanpa mengikuti peraturan tertentu, namun akan lebih baik jika kita mengetahui standarnya. Pastinya agar permainan menjadi lebih fair, betul kan?

Mari kita langsung simak aja penjelasannya.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Tidak seperti lapangan sepak bola yang ukurannya sudah baku, lapangan futsal memiliki ukuran yang beragam secara standar. Untuk standar internasional, lebar lapangan futsal antara 18 – 25 meter, sedangkan panjangnya antara 38 – 42 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Untuk standar nasional, atau biasanya juga dipakai untuk pertandingan-pertandingan skala kecil, ukuran lapangan futsal condong lebih kecil. Untuk standar nasional, lebar lapangan futsal adalah antara 15 -25 meter, dan panjangnya antara 25-42 meter.

~

Selanjutnya, ada juga standar ukuran bagian-bagian lapangan futsal. Untuk bagian-bagian tersebut, standar ukurannya sama untuk semua jenis ukuran lapangan, baik untuk ukuran lapangan futsal standar internasional maupun lokal.

Ukuran Titik Tengah

Titik tengah adalah tempat dimulainya pertandingan futsal, termasuk juga ketika sebuah tim mencetak sebuah gol. Titik tengah ini memiliki ukuran diameter 10 cm, dan dikelilingi oleh lingkaran dengan jari-jari berukuran 3m.

Ukuran Gawang Futsal

Sudah pasti ukuran gawang futsal tidak sebesar ukuran gawang sepak bola. Lebar gawang futsal adalah 3 meter, dengan tinggi gawang 2 meter. Cukup sempit ya! Kalau kipernya setinggi dua meter, berarti sudah tidak perlu mengangkat tangannya. Hehe.

Untuk ukuran kedalaman gawang, ini bebas. Biasanya cukup sekitar 1 meter di luar lapangan.

Ukuran Daerah Penalti Futsal

Daerah penalti atau daerah kiper futsal memiliki luas dengan lebar 6 meter dari gawang. Titik penalti pertama berada tepat di depan gawang dengan jarak yang sama juga yaitu 6 meter.

Loh, berarti ada titik penalti kedua ya?

Benar, untuk permainan futsal, tidak seperti sepak bola, ada titik penalti kedua yang berada sejauh 10 meter dari gawang. Setiap kali sebuah tim melakukan pelanggaran sebanyak lima kali, tim lawan akan mendapatkan tendangan penalti dari titik kedua ini.

Ukuran Daerah Pergantian Pemain

Tidak seperti gulat WWE, kamu tidak bisa asal ganti pemain dari sisi lapangan manapun. Untuk permainan futsal, ada area tertentu untuk melakukan pergantian pemain. Area bentuknya kotak dengan ukuran 5 meter x 80 cm. Area ini berada di salah satu sisi lapangan dan jaraknya adalah 5 meter dari garis tengah. Lebar 80 cm daerah pergantian pemain dibagi menjadi 40 cm berada di luar lapangan dan 40 cm berada di dalam lapangan.

Ukuran Daerah Tendangan Sudut

Untuk setiap keempat sudut, ada seperempat lingkaran untuk daerah tendangan sudut. Lingkaran tersebut memiliki panjang jari-jari 25 cm.

Ukuran Lainnya

Ternyata masih ada beberapa ukuran lainnya yang tercantum dalam standar. Misalnya ukuran lebar garis lapangan, yaitu 8 cm. Ada juga garis penanda 5 meter di sebelah gawang. Dan garis lurus depan gawang yang menandai area penalti itu tidak tepat 3 meter seperti panjang gawang loh, tapi lebih sedikit menjadi 3,16 meter.

~

Jadi begitulah standar lapangan futsal yang telah dipertimbangkan dengan baik agar permainan futsal menjadi lebih fair dan lebih kompetitif. Standar ukuran lapangan futsal mana yang sering kamu pakai?

Tinggalkan komentar