Tips Merawat Sepatu Futsal

Kamu kerap main futsal? Jika iya, usia sepatu kamu cepat menyusut karena kerap digunakan. Lo tentu tidak mau kan sepatu unggulan kamu itu bahan sintetisnya pecah atau rengat, insole terlipat jadi menjejal di telapak kaki, atau bahkan juga solnya terlepas? Nih, Super Challenge kasih kamu 5 panduan untuk menjaga sepatu futsal kamu agar dapat tahan lama dan enak digunakan main.

  1. Langkah membersihkan dan bersihkan sepatu futsal
    Saat sepatu kamu kotor, kamu memang tidak punyai alternatif lain selainnya bersihkan sepatu kamu. Lo dapat saja nge-laundry sepatu kamu, tetapi resikonya besar karena tidak semua tempat bersihkan sepatu dapat handle sepatu futsal. Lebih oke jika kamu dapat bersihkan atau membersihkan sendiri. Jika kamu tidak mau nyuci, kamu dapat membersihkan bintik atau bintik yang menempel di sepatu kamu dengan lap kanebo atau microfiber cloth yang banyak dapat kamu jumpai di supermarket. Jika kamu ingin bersihkan sepatunya, cukup gunakan air saja, jika kamu ingin gunakan sabun tidak boleh banyak-banyak. Sebab bisa kurangi daya lekat lem sepatu kamu. Tentunya kamu tidak perlu gunakan sikat ya, kelak sepatu kamu hancur jika disikat.
  2. Langkah menjemur sepatu futsal agar tidak pecah
    Sesudah kamu bersihkan, sepatu yang basah tentu saja harus kamu jemur. Banyak orang miliki kebiasaan menjemur di bawah cahaya matahari. Tetapi, untuk sepatu futsal, jauhi contact langsung sama cahaya matahari. Mencari tempat di luar ruang yang cukup teduh dan berangin buat jemur sepatu kamu. Cahaya matahari dan panas yang berlebihan dapat ngerusak kulit sintetis yang menjadi bahan khusus sepatu futsal kamu menjadi pecah atau rengat.
  3. Tidak boleh biarin sepatu futsal kamu berbau dan berjamur
    Lo tahu kan bagaimana tidak nikmatnya main dengan orang yang sepatunya berbau? Nach janganlah sampai kamu menjadi orang itu. Untuk menahan sepatu kamu berbau dan berjamur saat diletakkan, kamu dapat masukkan Silica gel atau kamper biasa ke sepatu kamu atau ke kotaknya. Tetapi ini tidak tutup peluang keringat di kaki kamu dapat buat kaos kaki dan sepatu berbau saat kelar main ya. Karena, berbau ini umumnya imbas dari bakteri yang menempel pada bagian dalam sepatu kamu juga. Walau demikian, langkah ini termasuk efisien untuk kurangi berbau sepatu.
  4. Tidak boleh menyumpal sepatu futsal lo
    Kenyataannya, menyumpal sepatu kamu dengan kertas dapat ngerusak wujud sepatu. Karena bahan sepatu kamu sesuaikan dengan wujud dan ukuran kertas itu, yang belum pasti sama sama ukuran kaki kamu. Kelak saat kamu gunakan kembali, sepatu itu dapat terasa kendur, dan juga bisa ada jahitan atau lem yang terlepas karena tidak sesuai ukuran.
  5. Pakai shoe tree!
    Ada alat yang baik sekali nih buat sepatu futsal kamu, namanya shoe tree. Alat ini memiliki bentuk seperti kaki kamu, jadi ukuran bisa juga disamakan. Perannya buat jaga wujud sepatu saat kamu taruh. Ini langkah yang jauh lebih bagus dibanding sumpel sepatu kamu pakai kertas. Shoe tree ini dapat kamu temuin di marketplace, tetapi lebih bagus jika kamu dapat beli ke toko untuk pastikan ukuran yang kamu membeli cocok sama sepatu kamu.

Well, itu 5 tips super buat perawatan sepatu futsal. Langsung bisa kamu coba dan mudah-mudahan tahan lama ya!

Tinggalkan komentar