Tips Memilih Bola Futsal

Bola sebagai salah satunya sisi penting dalam olahraga futsal. Karenanya, penyeleksian bola di dalam permainan sepak bola mini ini penting diingat.

Yup, untuk Anda fans futsal, kemungkinan Anda demikian perduli dengan sepatu apa yang Anda gunakan. Kemungkinan Anda punyai merk favorite sebagai kebanggaan Anda setiap akan bermain di atas lapangan futsal. Tetapi, bagaimana bila tidak ada bola, atau bola yang dipakai tidak sesuai dengan standard yang tepat.

Kemungkinan kedengar kurang penting untuk banyak orang yang hanya ingin olahraga. Seperti apa saja bola futsal yang ada dan ada, nampaknya tidak ada permasalahan memakainya. Minimal, tidak seperti saat pilih sepatu futsal.

Tetapi, sebetulnya penting untuk menyaksikan bagaimana kualitas bola futsal yang dipakai. Tidak boleh meremehkan penyeleksian bola futsal, di mana kualitas akan tentukan apa produk itu akan tahan lama atau bukan untuk dipakai dalam tiap permainan yang kita kerjakan.

Bahkan juga sering bola yang Anda membeli kelihatan sangatlah baik, tetapi rupanya tidak mempunyai kualitas sama seperti yang diharap hingga jadi cepat hancur.

Berikut adalah apa yang penting jadi perhatian untuk pilih bola futsal yang berkualitas supaya permainan Anda dan rekan-rekan jadi semakin membahagiakan.

Proses Pembikinan dan Bahan

Bola futsal secara umum dibikin dengan memakai dua jenis proses produksi, yakni penjahitan dan pressing. Kelebihan bola futsal yang dibikin dengan proses penjahitan ialah mempunyai watak yang lebih halus dan empuk . Maka rasanya tidak begitu keras saat di sundul atau disepak.

Tetapi, bola ini masih tetap mempunyai kekurangan. Bola yang dibikin dengan proses penjahitan umumnya bisa lebih cepat hancur. Sekadar anjuran, pakai bola ini saat Anda cuman latihan atau bermain. Tetapi, bila ingin berlaga dengan intensif tinggi, lebih bagus tidak boleh.

Sementara untuk bola futsal yang dibikin dengan pressing, umumnya semakin kuat. Disamping itu, bola ini mempunyai refleksi yang lebih gampang dikendalikan.

Umumnya, bola futsal dibuat dari karet, polyurethane, dan polyvinyl chloride. Untuk bola dengan bahan karet, umumnya dapat Anda jumpai saat bermain setiap hari. Tetapi, bila Anda ingin mempunyai bola yang lebih bertahan lama, coba memakai bola yang mempunyai material polyurethane atau polyvinyl chloride.

Bola yang memakai material polyurethane umumnya mempunyai kualitas yang baik karena tahan pada paparan air. Sementara bola yang dilapis material polyvinyl chloride berbobot yang lebih enteng serta lebih tahan lama.

Check Fisik Bola Sama sesuai Standard

Untuk beberapa fans futsal, ukuran bola futsal yang lebih kecil dari bola yang dipakai untuk olahraga sepak bola ialah hal yang umum. Tetapi, bila Anda salah pilih, bukan mustahil bola yang Anda punyai itu di luar standard yang ditetapkan oleh FIFA.

Sama seperti yang tercatat dalam FIFA Futsal Law of The Games 2020/2021 artikel 2 mengenai bola yang dipakai, ada standard yang perlu disanggupi berkaitan pemakaian bola untuk laga futsal.

Dalam ayat pertama law of the game itu, bola yang dipakai harus bundar, dibuat berbahan yang sama sesuai, yakni lingkar di antara 62 sampai 64 cm, berat 400 sampai 440 gr saat mengawali laga. Penekanan udaranya di antara 0,6 sampai 0,7 atm (600-900 gr/cm) di permukaan laut.

Disamping itu bola jangan membal lebih rendah dari 50 cm atau semakin tinggi dari 65 cm pada refleksi pertama saat dijatuhkan dari ketinggian 2 mtr..

Bola-bola yang dipakai dalam laga atau persaingan sah harus memperoleh standard dengan cap FIFA Quality Pro, FIFA Quality, atau Standard Laga Internasional (IMS).

Pakai Bola Sama sesuai Lapangan

Pemakaian lapangan futsal punyai dampak pada bola yang hendak dipakai. Apa bola yang Anda pakai sesuai material lapangan sebagai tempat untuk bermain?

Lapangan futsal, terutamanya di Indonesia, umumnya ada dua tipe, yakni yang memakai susunan vinyl dan rumput sintetis. Rupanya, ke-2 lapangan itu punyai dampak pada bola yang hendak dipakai.

Bila Anda bermain di atas lapangan dengan rumput sintetis, sebaiknya memakai bola futsal yang dibuat dengan dijahit. Watak lapangan sintetis yang halus dapat menahan refleksi bola yang lumayan keras dan kuat. Dengan demikian Anda tidak kesusahan untuk mengaturnya.

Tetapi, saat Anda bermain di atas lapangan futsal dengan permukaan vinyl, sebaiknya bola yang dipakai ialah yang dibikin dengan proses press mesin.

Tinggalkan komentar