Serba Serbi Kompetisi Futsal di Indonesia

Olahraga futsal memang belum sebesar sepak bola di Indonesia. Namun, itu bukan berarti tak ada kompetisi resminya di Tanah Air.

Kompetisi futsal tertinggi di Indonesia dimulai pada musim 2006-2007 dengan nama Liga Futsal Indonesia atau Indonesia Futsal League (IFL).

IFL digelar oleh Badan Futsal Nasional (BFN) yang dibawahi langsung PSSI. Pada musim 2012-2013, ada pula Liga Futsal Wanita Indonesia (LFWI).

Namun kompetisi futsal profesional di Indonesia sempat berhenti pada 2014, karena ada perubahan penyelenggaraan futsal dari PSSI ke badan tersendiri.

Yakni Asosiasi Futsal Indonesia atau kini Federasi Futsal Indonesia (FFI) dan pada 2015 kompetisi futsal pun kembali bergulir dengan nama lain.

Yakni Liga Super Futsal Indonesia yang hanya berjalan setahun, berganti jadi Liga Futsal Profesional Indonesia atau Pro Futsal League (PFL).

Nama PFL berlaku hingga kini, beserta LFWI yang bergani nama menjadi Women Pro Futsal League (WPFL). Untuk kasta kedua, ada Liga Futsal Nusantara, putra dan putri.

Lantas, bagaimana dengan formatnya? Kompetisi futsal tertinggi di Indonesia, tak memiliki format kompetisi penuh seperti sepak bola di Tanah Air.

Pro Futsal League berisikan 16 klub futsal profesional Indonesia yang kemudian dipecah ke dapan dua grup, masing-masing delapan tim per grup.

Dalam format dua grup tersebut, setiap tim memainkan dua laga selama total tujuh pekan dengan rentang waktu empat bulan.

Nantinya, dua klub dengan raihan poin tertinggi di masing-masing grup akan melaju ke babak gugur atau final four untuk memperebutkan gelar juara.

Pemenang Pro Futsal League berhak mewakili Indonesia pada Piala AFC Futsal, sementara tim peringkat kedua atau runner up di Piala AFF Futsal.

Adapun untuk PFL 2021 ada rencana dari FFI untuk mengubah format yang ada menjadi satu grup atau kompetisi penuh seperti sepak bola.

PFL 2021 akan diikuti 12 tim, diambil dari peserta yang sukses bertahan di PFL 2020. Artinya, tak ada yang promosi dari Liga Futsal Nusantara.

Rencana format baru ini sudah dibicarakan lama yang awalnya baru akan diwujudkan pada musim kompetisi 2022. Untuk penjadwalan hendak mengikuti kalender futsal internasional.

Dengan perubahan format tersebut, FFI juga merencanakan adanya dua kejuaraan pasca-liga, yakni Piala Presiden (futsal) dan Piala Liga Futsal.

Piala Liga Futsal akan diikuti oleh tim-tim peserta PFL 2021 dengan format sistem gugur atau grup dan berlangsung sekitar 1,5 bulan.

Sementara Piala Presiden rencananya akan diikuti oleh tim-tim provinsi. Tim yang akan bertarung merupakan binaan Asosiasi Futsal Provinsi dengan batas usia.

Tinggalkan komentar