Sejarah Futsal Yang Jarang Kita Ketahui

Pernahkah Anda menyaksikan laga sepak bola yang cuman dimainkan oleh 10 orang? Atau pernah turut langsung dalam kompetisinya? Permainan sepak bola yang masing-masing teamnya cuman mempunyai pemain sejumlah lima orang saja disebutkan dengan futsal. Mereka akan bermain dan membawa bola sampai ke gawang musuh masing-masing di lapangan memiliki ukuran kecil dari olahraga sepak bola secara umum.

Olahraga futsal masih terhitung dalam kelompok permainan sepak bola, karena semua aktivitas yang sudah dilakukan beberapa pemainnya di atas lapangan hampir sama. Sama seperti yang disebut awalnya, yakni sama mempunyai tujuan masukkan bola ke gawang musuh dengan menyepak, namun ukuran lapangan dan gawangnya lebih kecil.

Pengertian olahraga futsal menurut Massachusetts Youth Soccer Association ialah permainan yang sudah dilakukan oleh seseorang penjaga gawang dan 4 orang pemain dalam suatu ruang tertutup, hingga keseluruhan pemainnya cuman optimal lima orang saja. Sudah pasti hal itu yang membandingkan di antara olahraga futsal dengan sepak bola yang mempunyai ukuran lapangan lebih luas dan gawang semakin besar darinya.

Lapangan futsal cuman mempunyai panjang sekitaran 38 – 42 mtr., dengan lebar capai 18 – 25 mtr. saja. Sedang lapangan sepak bola menurut standard internasional mempunyai panjang 100 – 110 mtr. dengan lebar lapangan 64 – 75 mtr. lebih luas . Maka bisa diambil kesimpulan jika futsal ialah olahraga sepak bola versus lebih kecilnya.

Sejarah Olahraga Futsal

Futsal yang banyak disukai anak-anak muda ini rupanya mempunyai riwayat panjang saat sebelum berkembang besar seperti sekarang ini. Permainan futsal berdasar pengakuan FIFA (Federation Internationale de Football Association) dikenalkan pertama kalinya oleh Juan Carlos Ceriani di tahun 1930 dan sebagai seorang guru di Montevideo, ibu-kota Uruguay.

Ketika mengajarkan olahraga sepakbola, Juan Carlos Ceriani terasa terusik dengan latihan yang kerap diurungkan karena keadaan lapangan yang tidak dapat dipakai karena basah dan tergenangi air sesudah turun hujan. Dia berasa capek bermain sepak bola di atas lapangan yang sebesar dan selebar itu. Untuk menangani permasalahan itu, pada akhirnya dia mencanangkan gagasan bawa permainan sepak bola ke ruang.

Pada pada awalnya, permainan futsal digerakkan sesuai ketentuan yang dipunyai oleh sepak bola, yakni tiap team yang berlaga harus mempunyai pemain dalam jumlah 11 orang. Ketentuan permainan futsal selanjutnya diganti, yang awalannya ukuran lapangan selebar sepak bola biasa dipersempit dalam jumlah pemain masing-masing team dikurangkan jadi optimal 5 orang saja.

Tentu munculnya permainan futsal di jaman itu memberinya rintangan baru ke pemain, karena bagus sekali dimainkan. Dimulai dari waktu itu banyak warga yang jadikan futsal sebagai salah satunya olahraga kesukaannya. Buku mengenai ketentuan permainan futsal selanjutnya diedarkan oleh Juan Carlos Ceriani, sebagai pembuat permainan futsal. Ini sesuai pengakuan yang dikeluarkan oleh Charlotte Futsal Foundation.

Uniknya kembali, ketentuan permainan itu dibikin dari kombinasi beberapa kelompok olahraga, salah satunya ialah polo air, basket dan sepak bola. Sebagai contoh, ketentuan yang diambil dari sepak bola ialah bola jangan berkenaan tangan pemain (terkecuali penjaga gawang), ketentuan basket yang cuman membolehkan lima pemain dari tiap-tiap team berperan serta pada sebuah lapangan dengan durasi waktu main 40 menit saja, dan ketentuan polo air mengenai penjaga gawang yang dipakai di dalam permainan futsal.

Dulunya, nama permainan sepak bola dalam ruang atau futsal seringkali warga sebutkan bernama futbol. Sesudah keberadaannya di ibu-kota Uruguay yakni Montevideo, permainan ini secara cepat menebar luas di Amerika Selatan dan banyak daerah sekelilingnya.

Pada tahun 1965, ialah tahun awal diselenggarakannya perlombaan atau persaingan futsal tingkat internasional. Bersamaan dengan berjalannya waktu, permainan futsal terus-terusan alami perubahan dan memulai banyak dikenali oleh warga.

Sehingga di tahun 1971, berdirilah sebuah organisasi internasional namanya FIFUSA (international Futsal Federation) yang memayungi permainan ini. FIFUSA selanjutnya tergabung dengan FIFA dengan cara resmi di tahun 1989, dan di tahun itu dengan cara resmi FIFA mengadakan kejuaraan futsal dunia pertama di Belanda.

Tinggalkan komentar