Perlengkapan Kiper Futsal Yang Wajib Dimiliki

Di dalam permainan sepak bola atau futsal, penjaga gawang punyai peranan penting untuk menjaga gawang agar tidak kecolongan. Tidak cuman gawang yang penting dijaga tetapi si penjaga gawang perlu jaga dirinya dengan memakai beragam peralatan tempur membuat perlindungan dianya dari cidera. Berikut beragam peralatan penjaga gawang futsal yang umumnya dipakai.

Jersey dan celana

Peralatan penjaga gawang futsal yang pertama adalah jersey dan celana. Penjaga gawang sebagai salah satu orang dalam team yang memakai warna seragam yang lain dari rekanan segrupnya. Ketentuan ini dibikin untuk memungkinkannya pemain dan wasit dapat menyaksikan secara jelas kehadiran penjaga gawang. Seragam penjaga gawang umumnya mempunyai bantalan khusus di atas siku, dada, dan pundak untuk memberi pelindungan lebih dari shooting bola yang mencoba dikunci.

Selainnya pakaian, peralatan yang lain tidak kalah keutamaan yakni celana. Celana untuk penjaga gawang umumnya terdiri dari 2 tipe, yaitu panjang dan pendek. Umumnya ada bantalan tambahan dari sisi paha dan lutut untuk kurangi resiko berlangsungnya cidera jika terjadi bentrokan yang keras. Bentrokan umum terjadi tidak cuma dari shooting bola dari musuh tapi juga saat penjaga gawang jatuhkan diri saat tangkap bola dengan status susah.

Shin guard

Shin guard ialah bantalan perlindungan tulang kering. Umumnya terpasang minimum 5 cm di bawah lutut. Shin guard yang digunakan kiper sebaiknya enteng tetapi dapat membuat perlindungan kaki. Umumnya tipe yang dipakai adalah yang tidak banyak bantalannya supaya tidak mengusik kenyamanan.

Pilih ukuran shin guard yang pas juga sangat penting. Umumnya ini disamakan dengan tinggi tubuh si penjaga gawang. Hal paling penting yang penting jadi perhatian adalah pilih shin guard yang sanggup tutupi secara baik tempat antara pergelangan kaki dan lutut.

Knee pad dan elbow pad

Knee pad dipakai membuat perlindungan lutut dan elbow pad dipakai membuat perlindungan siku. Ke-2 alat perlindungan ini dipakai membuat perlindungan anggota badan itu dari bentrokan keras yang dapat menyebabkan cidera. Disamping itu, alat perlindungan ini menolong kurangi rasa ngilu bila bentrokan terjadi.

Finger tape

Finger tape biasa dipakai beberapa penjaga gawang sebagai alternatif sarung tangan. Umumnya dipakai di sejumlah jemari tertentu, seperti jemari manis dan jemari tengah di ke-2 tangan atau sama sesuai keperluan dan kenyamanan si penjaga gawang.

Finger tape berperan membuat perlindungan jemari si penjaga gawang dari cidera dan keseleo. Memakai finger tape menolong menahan cidera dengan memberi bantalan extra di jemari dan menahan tulang jemari beralih dari status normal (dislokasi) saat jatuh atau memblokade bola.

Kaus kaki

Kaus kaki jadi atribut penting untuk penjaga gawang futsal. Kaus kaki dapat membuat perlindungan kaki si kiper kemungkinan dari cedera saat ambil bola. Umumnya beberapa penjaga gawang pilih memakai kaus kaki yang lumayan panjang sampai tutupi lutut untuk menghindar lecet.

Sepatu futsal

Peralatan penjaga gawang futsal yang paling akhir yang tidak kalah keutamaan adalah sepatu. Sepatu futsal berlainan dengan sepatu sepak bola.

Sepatu sepak bola umumnya mempunyai bantalan-bantalan tajam untuk menanamkan kaki ke rumput bertanah. Sementara sepatu futsal umumnya berupa rata tapi masih tetap bisa melekat baik di atas rumput sintetis atau lapangan semen.

Disamping itu sol sisi dalam dari sepatu futsal umumnya cukup tebal namun tetap empuk. Sepatu futsal yang berkualitas dibuat benar-benar enteng dengan berat tidak lebih dari 230 gr. Ini karena permainan futsal memerlukan kecepatan dan kegesitan dalam tiap pergerakannya.

Tinggalkan komentar