Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola

Apakah Anda menyenangi olahraga sepak bola? Lantas, bagaimana dengan berolahraga futsal? Coba sebut satu-satu ketidaksamaan di antara sepak bola dengan futsal! Kebingungan cari jawabnya kan? Ya, lumrah saja sich, karena ke-2 tipe olahraga ini mempunyai keserupaan dalam soal bermain. Di dalam permainan bola futsal dan bola sepak, ada satu ketentuan di mana masing-masing team yang sama-sama bertemu di atas lapangan diwajibkan masukkan bola ke gawang musuh untuk memperoleh score kemenangan.

Meskipun luarnya terlihat sama saja, pada realitanya ke-2 olahraga ini mempunyai ketidaksamaan yang lumayan banyak. Lantas, apa ketidaksamaan permainan sepak bola dan futsal yang dapat dijumpai? Karena itu, turuti terus ulasan ini sampai akhir.

Apa Perbedaannya Futsal Dan Sepak Bola?

Pengertian olahraga futsal menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah tipe permainan sepak bola dimainkan dalam ruang sama ukuran gawang dan lapangan berlaga lebih sempit dari olahraga sepak bola secara umum. Sedang untuk pemahaman olahraga bola sepak sendiri sebagai permainan dimainkan oleh dua team yang sama-sama bertemu di atas lapangan hijau, dengan anggota team yang terbagi dalam 11 anggota.

Masing-masing team akan melakukan laga merebutkan score dengan masukkan bola ke gawang rivalnya sepanjang 90 menit (2 kali main). Beda gol antara team yang berlaga bisa menjadi pemasti dari juara permainan sepak bola itu.

Dari keterangan di atas karena itu bisa diambil kesimpulan jika di antara permainan futsal dengan berolahraga bola sepak mempunyai ketidaksamaan paling terang di pemakaian tempat untuk bermain. Permainan futsal dimainkan dalam ruang besar yang sediakan lapangan laga, sedang untuk olahraga sepak bola harus di atas lapangan berumput dengan luas ukuran yang telah diputuskan.

Seperti yang telah disentil awalnya, jika ukuran lapangan futsal lebih sempit ataupun lebih kecil dari permainan sepak bola biasa. Karena sepak bola mempunyai ukuran 100 x 64 m (panjang x lebar) atau 110 x 75 m (panjang x lebar) menurut standard internasional, sedang lapangan futsal cuman mempunyai ukuran 38 x 18 m (panjang x lebar) atau 42 x 25 m (panjang x lebar) saja.

Perbedaan bola futsal dengan bola sepak diterangkan oleh Sahda Halim dalam buku bertema 1 Hari Pandai Main Futsal yang di-launching di tahun 2012 kemarin. Dalam buku itu, disebut jika ada sembilan ketidaksamaan dari sepak bola dan permainan futsal. Baca berikut penuturannya.

1. Permainan Futsal

  • Jumlah pemain: 5 orang dari tiap-tiap team. Keseluruhan cuman 10 orang yang bermain.
  • Pergantian pemain: tidak terbatasi banyaknya, pemain yang telah keluar bisa masuk kembali lagi ke lapangan.
  • Wasit: terbagi dalam 2 orang, 1 wasit dan 1 pendamping wasit.
  • Durasi laga per set: 20 menit.
  • Time out: dalam laga futsal tidak mengenali istilah time out.
  • Kartu merah: pemain yang terserang kartu merah baru bisa diganti pemain baru sesudah 2 menit terlintasi.
  • Offside: dalam laga futsal tidak mengenali ketentuan offside.
  • Awalan permainan: sepakan di dalam saat bola keluar atau out.
  • Benturan fisik seperti tackling: tidak dibolehkan dalam laga futsal.

2. Permainan Sepak Bola

  • Jumlah pemain: terbagi dalam kesebelasan, maknanya masing-masing team mempunyai pemain dalam jumlah 11 orang.
  • Pergantian pemain: cuman bisa 3 barangkali lakukan penggantian pemain, dan ini berlaku untuk tiap team yang berlaga.
  • Wasit: terbagi dalam 3 orang, 1 wasit dan 2 hakim garis.
  • Durasi laga per set: 45 menit.
  • Time out: masing-masing team sepak bola dibolehkan lakukan time out sekitar 1 kali.
  • Kartu merah: pemain yang sudah dikeluarkan tidak bisa diganti dengan pemain baru, maknanya jumlah anggota team sepak bola yang terserang kartu merah bisa menyusut.
  • Offside: di dalam permainan sepak bola ada ketentuan offside.
  • Awalan permainan: lemparan ke bila bola keluar atau out.
  • Benturan fisik seperti tackling: dibolehkan selama tidak terhitung pelanggaran.
  • Permainan sepak bola dan futsal masih mempunyai ketidaksamaan selainnya yang sudah disebut beberapa di atas. Satu diantaranya ialah ukuran yang dipakai sepanjang laga. Sama dengan ukuran gawang dan lapangan, ukuran bola di dalam permainan sepak bola sedikit besar dari bola yang dipakai dalam olahraga futsal.

Sehingga nilai refleksi yang dipunyai bola permainan futsal dibanding sepak bola lebih sedikit atau sekitaran 30%. Nilai refleksi yang lebih kecil ditujukan agar intensif refleksi bola itu di atas lapangan bisa dikurangkan, ingat ruangan geraknya yang lebih sempit dibanding lapangan bola biasa.

Hanya hanya itu info tentang ketidaksamaan di antara bola futsal dengan bola sepak secara garis besarnya. Mudah-mudahan menolong menjawab rasa ingin tahu Anda, apabila info pokok dipandang cukup penting, silakan bagi ke pembaca yang lain memerlukannya. Demikian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar