Perbandingan Bola Untuk Futsal dan Sepak Bola

Futsal dan sepak bola ialah olahraga yang paling disukai di penjuru dunia. Ke-2 nya mempunyai keserupaan, tetapi masih tetap ada ketidaksamaan yang paling kelihatan. Tetapi, sedikit yang ketahui ketidaksamaan ke-2 nya, apa lagi banyak yang menjelaskan jika futsal ialah sepak bola mini. Karena itu banyak yang menduga jika sama-sama. Salah satunya ketidaksamaan yang paling fundamental ialah dari ukuran dan berat bola yang dipakai pada futsal dan sepak bola.

Ketidaksamaan ukuran dan berat Bola Futsal dan Sepak Bola

Walau sama memakai bola dalam bermainnya, tetapi pada bola futsal dan sepak bola memiliki ketidaksamaan ukuran dan beratnya. Bukan hanya hanya itu, ada banyak ketidaksamaan yang lain perlu Anda kenali. Berikut ialah ketidaksamaan ukuran dan berat pada bola futsal dan sepak bola:

Ukuran

Dalam persaingan sah, ada standard ukuran bola untuk futsal dan sepak bola yang telah ditata oleh FIFA. Bola futsal memiliki ukuran diameter 62 cm sampai 64 cm, dan untuk bola sepak memiliki diameter dari 68 cm sampai 72 cm.

Berat bola

Bukan hanya hanya itu, berat dari bola futsal dan bola berlainan dan telah ditata oleh FIFA. Di mana untuk bola futsal memiliki berat 400 gram hinga 440 gr, dan bola sepak memiliki berat 396 gr sampai 453 gr.

Selainnya dari ukuran dan beratnya, ada ketidaksamaan lain di antara bola futsal dan bola sepak, berikut ialah bedanya:

Tekanan pada bola

Bukan hanya hanya itu, ada ketidaksamaan dari tekanannya. Untuk penekanan bola futsal ialah 0,4 sampai 0,6 atmosfir. Dan untuk sepak bola memiliki penekanan 8 sampai 12 psi.

Refleksi bola

Disamping itu, tinggi refleksi di antara bola futsal dan bola sepak berlainan. Jika ke-2 bola dijatuhkan dari ketinggian 1 mtr., karena itu bola futsal cuman akan membal sekitaran 55 cm. Dan pada bola sepak akan membal 60 cm.

Bahan bola

Bukan hanya hanya itu, untuk bahan pada bolanya juga berlainan. Pada bola sepak umumnya memakai kombinasi berbahan karet di bagian luar dan dilapis berbahan sintetis supaya bisa meredam sepakan dan keadaan lapangan berumput. Dan pada bola futsal memakai bahan kulit.

Tinggalkan komentar