Panduan Lengkap: Cara Memilih Sepatu Futsal

Memilih sepatu futsal merupakan salah satu tantangan besar bagi para pemain futsal. Ada banyak sekali variasi sepatu futsal, bahkan satu merek saja bisa memiliki banyak sekali pilihan. Ketika kamu memutuskan untuk membeli sepatu futsal Messi atau Ronaldo, jenisnya juga banyak.

Setiap jenis sepatu futsal memiliki keunikan tersendiri, baik kelebihan maupun kekurangannya. Hal inilah yang membuat orang-orang bingung ketika memilih sepatu futsal mana yang tepat untuk mereka.

Dalam setiap iklan selalu diperlihatkan betapa kerennya merek dan produk tertentu. Tapi tidak ada iklan yang menjelaskan secara detail mengapa sepatu futsal tersebut cocok untuk kamu?

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap cara memilih sepatu futsal yang bagus untuk kamu.

Perbedaan Sepatu Futsal dan Sepatu Sepak Bola

Ketika kamu ingin membeli sepasang sepatu bola, baik itu untuk anak kamu atau untuk diri kamu sendiri, ada banyak sekali pilihan.

Perbedaan paling mendasar antara sepatu futsal dan sepatu sepak bola adalah pada tapaknya. Sepatu futsal tidak memiliki stud seperti sepatu sepak bola, dan tapaknya biasanya berbahan karet, mirip dengan tapak sepatu basket.

Sepatu futsal juga memiliki jenis pola tapak berbeda yang memberikan daya cengkeram ekstra pada permukaan yang licin, seperti permukaan lapangan futsal pada umumnya. Namun, saat memutuskan sepatu futsal mana yang tepat untuk kamu, masih banyak faktor lainnya yang harus diperhitungkan.

Dalam artikel ini kita akan membahas aspek-aspek terpenting. Sehingga setelah selesai membaca artikel, kamu bisa lebih mudah memutuskan sepatu futsal mana yang tepat untuk kamu.

Pahami Cara Kamu Bermain

Sebelum kita membahas aspek anatomi sepatu futsal, kita sebaiknya membahas cara kamu bermain. Di mana kamu biasanya bermain, dan bagaimana gaya kamu bermain. Hal ini mempengaruhi jenis sepatu futsal yang sebaiknya kamu gunakan.

Memilih Sepatu Futsal Sesuai Lapangan

Saat bermain futsal, kita biasanya bermain lapangan dengan permukaan rumput sintetis atau lapangan datar.

Sepatu futsal dengan sol karet datar didesain untuk lapangan datar yang mirip dengan lapangan basket. Keuntungan jenis sepatu futsal seperti adalah juga bagus untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari, cukup fashionable lah.

Jenis sol ini biasanya memiliki pola yang cukup beragam untuk memberi kamu traksi (daya cengkeram) maksimum ketika bermain di lapangan datar. 

Jenis lainnya adalah sepatu futsal yang dirancang untuk rumput. Jenis sepatu rumput ini biasanya memiliki stud pendek, ada tonjolan karet yang menonjol di bagian bawah sepatu, sehingga traksinya lebih maksimal.

Memilih jenis sepatu yang sesuai dengan jenis lapangan akan membantu kamu dalam melakukan manuver (berbelok) dan memberikan respon yang lebih cepat.

Memilih Sepatu Futsal Sesuai Posisi 

Tergantung pada posisi apa kamu bermain juga mempengaruhi jenis sepatu futsal yang cocok untuk kamu. Jenis sepatu yang cocok akan meningkatkan performa kamu, dan juga akan membuat kaki kamu terasa lebih nyaman di sepanjang permainan.

Apakah kamu merupakan pemain penyerang, pemain defensif atau apakah kamu biasanya ditempatkan sebagai penjaga gawang? Jenis sepatu yang akan kamu pilih mungkin sedikit berbeda.

Pemain Penyerang

Fokus kamu adalah untuk mencetak gol. Kamu sebaiknya memilih sepatu yang cocok untuk shooting, tidak terlalu banyak pernak pernik di bagian depan sepatu. Sepatu jenis ini juga biasanya lebih ringan sehingga lebih mendukung kamu untuk melakukan manuver-manuver tajam dan cepat.

Pemain Bertahan

Sebagai seorang bek, sepatu kamu kemungkinan besar akan sering menjadi korban “kekerasan” karena kamu akan terus-menerus berdekatan dengan lawan kamu. Kamu membutuhkan jenis sepatu yang berbahan kuat, yang bisa melindungi kakimu.

Kiper

Sebagai penjaga gawang, kamu akan lebih sering bergerak menyamping. Kamu membutuhkan sepatu yang memiliki traksi yang cukup kuat dan didesain dengan bagian pendukung lateral yang lebih pas.

Anatomi Sepatu Sepak Bola

Ada berbagai aspek berbeda yang membentuk sepatu futsal. Mulai dari jenis material, bobot, hingga jenis stud. Mengetahui kombinasi yang tepat akan membantu meningkatkan performa permainan kamu.

Jenis Bahan

Jangan pikir bahwa bahan tidak akan memberikan perbedaan signifikan pada performa permainan kamu. Jenis bahan yang digunakan untuk membuat sepatu futsal sangat mempengaruhi. Material yang berbeda akan mempengaruhi bagaimana kaki kamu merasakan sentuhan bola. 

Ada dua jenis bahan utama yang dapat dipilih, yaitu kulit dan sintetis.

Kulit

Bahan kulit merupakan pilihan yang lebih populer karena fleksibel, lembut dan akan terasa menyatu dengan kaki kamu. Ketika dipakai akan terasa pas, namun juga tidak terlalu ketat karena kulit sifatnya cukup elastis.

Ada beberapa jenis bahan kulit yang dapat kamu pilih untuk sepatu futsal:

  • Kulit suede – Kulit suede adalah kulit tradisional tetapi dengan bagian luarnya dibuang, sehingga memberikan rasa yang lebih lembut.
  • Kulit kangguru – Banyak yang menyebutnya sebagai kulit-k, dan sangat nyaman serta terasa sangat lembut. Namun, kulit kangguru adalah salah satu pilihan kulit paling mahal.
  • Kulit anak sapi – Ini tidak semahal kulit kanguru dan memang terasa sangat mirip seperti kulit kangguru. Kulit ini lebih mempertahankan bentuknya, namun pastinya dengan bobot yang lebih berat.
  • Full grain leather – Full grain leather lebih tebal dan lebih tahan lama dibandingkan dengan kulit anak sapi atau kulit kanguru dengan sensasi sentuhan yang hampir sama. Namun bobot kulit ini merupakan yang paling berat.

Nah, jika kamu ingin sepatu futsal dengan bahan kulit, sekarang kamu tinggal memilih jenis kulit yang sesuai dengan gaya permainan kamu seperti yang kita bahas di atas.

Sintetis

Sintetis umumnya lebih ringan, lebih tipis, dan lebih tahan lama daripada kulit asli. Hanya saja bahan sintetis tidak elastis seperti bahan kulit, atau lebih kaku.

Seperti kulit, bahan sintetis juga memiliki beberapa jenis dan variasi:

  • Kulit sintetis – Ini terasa seperti kulit, tetapi ketika dipakai, sensasi yang timbul ketika kaki bersentuhan dengan bola tidak seperti ketika memakai bahan kulit asli.
  • Kasa – Jenis bahan ini tipis dan sangat ringan dibandingkan dengan bahan kulit pilihan. Karena tipis, peredaran udara juga lebih baik. Hanya saja, sisi negatifnya adalah sudah pasti tidak sekuat bahan lainnya.

Dalam kasus tertentu, bahan sintetis bisa menjadi sebuah pilihan yang baik untuk sepatu futsal. Misalnya jika Anda baru ingin mencoba-coba olahraga ini.

Ketahanan Bahan

Sangat penting untuk mempertimbangkan daya tahan sepatu futsal kamu. Semakin baik daya tahan sepatu futsal kamu, berarti semakin kecil kemungkinan kamu untuk menggantinya.

Sepatu futsal yang digunakan secara teratur, pasti akan rusak juga, ini hal yang lumrah. Biasanya sepatu futsal bertahan selama beberapa musim atau jika dirawat dengan baik, bisa sedikit lebih lama dari itu.

Biasanya bahan bodi akan rusak terlebih dahulu daripada bagian tapaknya (sol). Ini adalah urutan jenis bahan dari yang terbaik ke yang terburuk secara ketahanan:

  • Kulit sintetis 
  • Full grain
  • Kulit suede
  • Kulit anak sapi
  • Kulit kanguru
  • Kasa

Ukuran

Faktor penting lainnya untuk dipertimbangkan saat memilih sepatu futsal adalah ukuran sepatu. Kamu biasanya akan berlari di sekitar lapangan sepak bola selama 60-90 menit setiap pertandingan.

Kamu harus memastikan bahwa sepatu futsal kamu memiliki ukuran yang pas, tetapi tidak terlalu ketat sehingga tidak membuat kakimu sakit, dan tidak terlalu longgar untuk meminimalisir terjadinya cedera. Oleh karena itu, kita sebaiknya mencoba sepatu futsal yang hendak kita beli.

Pastikan ukuran sisi sepatu yang pas, jangan ada terlalu banyak ruangan kosong di sisi telapak kakimu ketika berlari. Pastikan sepatu memiliki dinding samping dan penyangga lengkungan yang pas.

Ketika bermain, kaki kamu akan terus bergerak, maju mundur, dari sisi satu ke sisi lainnya. Bagian pendukung lateral yang tidak pas bisa beresiko menyebabkan cedera serius pada pergelangan kaki kamu.

Ada baiknya menyisakan sedikit ruang di ujung sepatu bagian jari. Sebaiknya sisakan ruangan kosong yang besarnya tidak melebihi lebar jempol tangan, dan juga tidak lebih kecil dari kelingking.

Paling penting, pastikan kamu tetap merasa nyaman dan tidak ada bagian kaki yang terasa sakit ketika berjalan. Khusus untuk sepatu futsal jenis kulit, pastikan ukurannya sangat pas, karena seiring waktu bahan kulit akan lebih longgar.

Faktor Penting Lainnya 

Ada beberapa faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan jika kamu ingin mendapatkan performa terbaik dari sepatu futsal kamu.

Bagian Tapak

Sepatu futsal sebaiknya memiliki tapak dengan profil rendah, yang artinya sol yang cukup tipis. Sepatu futsal dirancang seperti ini agar kaki kamu terasa lebih lengket dengan tanah.

Pastikan bagian tapak memiliki penyangga lengkungan yang baik dan dinding samping yang cukup kokoh, namun tetap terasa nyaman saat kamu berlari dan mengontrol bola. Kembali lagi, ini soal kecocokan bentuk kakimu dengan sepatu.

Berat

Sepatu futsal biasanya lebih berat daripada sepatu sepak bola karena tapaknya terbuat dari karet yang jauh lebih tebal. Namun, bobot bukanlah sebuah masalah besar untuk sepatu futsal.

Breathability

Breathability (peredaran udara) merupakan faktor yang sangat penting, namun sering dihiraukan. Ketika bermain dalam sebuah ruangan tertutup, hanya dalam waktu singkat udara bisa menjadi sangat panas.

Bahan yang lebih ringan biasanya lebih mudah bernafas. Kaki kamu tidak akan cepat merasa kepanasan, tidak cepat letih dan kamu bisa bermain dengan performa tinggi lebih lama.

Saatnya Mendapatkan Sepatu Terbaik untuk Kakimu

Ada banyak aspek dalam memilih jenis sepatu futsal yang paling cocok. Cukup ribet sih, namun jenis sepatu yang tepat akan membantu kamu untuk mencetak gol lebih banyak, ataupun memperkuat lini pertahanan tim kamu.

Untuk tips sepatu futsal lainnya, silakan baca artikel lainnya di sepatufutsal.com

Tinggalkan komentar