5 Cara Meningkatkan Stamina Untuk Futsal

Baru main futsal sesaat, Anda telah tersengal-sengal kecapekan? Wah, bisa jadi Anda yang rugi sendiri karena mau tak mau duduk di kursi pemirsa, bukanlah bermain bersama kawan-kawan segrup. Ini pertanda Anda perlu latihan khusus untuk tingkatkan stamina saat main futsal. Kurang lebih bagaimana triknya menambahkan stamina supaya tidak gampang capek? Baca cara-caranya berikut!

Langkah tingkatkan stamina saat main futsal

Karena lapangan futsal lebih kecil dibanding lapangan sepak bola biasa, Anda juga dituntut untuk menjadi lebih gesit, lincah, dan cepat dalam laga. Anda harus dapat mengganti manuver setiap saat dan harus sanggup lari dengan kecepatan tinggi. Berikut kenapa Anda kemungkinan menjadi lebih cepat capek saat main futsal.

Jaga kesehatan badan jadi kunci untuk tingkatkan stamina dan perform Anda di atas lapangan. Tenang saja, Anda dapat menjiplak lima strategi khusus agar lebih sempurna dan tambah energi saat main futsal. Inilah lima triknya.

1. Lari sprint

Latih kekuatan Anda lari sprint dapat menolong Anda agar tidak gampang capek jika harus bergerak dengan lincah dan cepat di atas lapangan. Untuk latihan sprint, mencari pelintasan lari yang lempeng dalam jarak kurang lebih 30 mtr.. Selanjutnya, larilah bolak-balik sekencang mungkin.

Upayakan untuk lari sekitar 7x (keseluruhan bolak-balik empat belas kali), dengan interval sekitaran 25 detik saat sebelum Anda lari ke kebalikannya. Tulis waktu Anda lari dan pakai standard waktu itu untuk latihan teratur.

2. Latihan jeda

Latihan jeda benar-benar berguna untuk tingkatkan stamina. Masalahnya badan Anda akan dilatih untuk sesuaikan intensif kegiatan fisik yang beralih-alih terus. Latihan jeda memang mewajibkan Anda untuk olahraga dengan intensif berat sepanjang beberapa saat, diteruskan dengan berolahraga intensif enteng.

Mulai dengan pemanasan dahulu sepanjang lima belas menit. Selanjutnya Anda dapat tentukan ingin lari atau bersepeda, misalkan, tetapi harus dengan intensif atau kecepatan tinggi sepanjang tiga menit. Lantas teruskan dengan lari atau bersepeda perlahan-lahan, sepanjang tiga menit. Ulang sampai kurang lebih 3x, baru mengakhiri dengan pendinginan sepanjang sepuluh menit.

3. Olahraga kardio

Supaya jantung Anda kuat memompa suplai darah ke semua badan sepanjang main futsal, Anda harus teratur olahraga kardio. Anda dapat pilih tipe olahraga yang Anda gemari. Misalkan lari, berenang, lompat tali, atau naik sepeda.

4. Menjaga gaya hidup sehat

Anda kemungkinan cepat capek karena pola hidup Anda sendiri memiliki masalah. Misalkan Anda kurang bergerak hingga semua otot badan berasa kaku. Atau Anda berat badan yang berlebih? Merokok bisa juga jadi pemicu Anda mudah capek saat main futsal.

Nach, untuk tingkatkan stamina olahraga Anda harus jalani gaya hidup sehat. Yakinkan Anda makan dengan nutrisi imbang, banyak minum air putih, beristirahat cukup tiap hari, dan janganlah lupa stop merokok saat ini juga.

5. Latihan wall sit

Latihan wall sit akan menolong tingkatkan ketahanan otot-otot di tempat paha dan tungkai kaki. Anda akan kuat lari semakin lama tanpa pegal.

Langkah melakukan cukuplah sederhana. Berdirilah dengan punggung lempeng dengan dinding. Membuka ke-2 kaki sampai dengan lebar bahu. Selanjutnya, turunkan badan dan tekuk lutut Anda seakan Anda ingin duduk di bangku. Yakinkan jarak di antara betis dan kaki Anda kurang lebih 30 cm dari dinding.

Angkat dan turunkan badan Anda berkali-kali. Tiap lutut Anda membuat pojok siku (90 derajat) , tahan status itu sepanjang semenit. Selanjutnya berdiri kembali dengan tegak. Kelak jika sudah terlatih lakukan wall sit, Anda dapat menambah dumbbell pada masing-masing tangan.

Tinggalkan komentar